Rabu, 01 Agustus 2018

Tren Aplikasi Multiplatform Untuk Mendukung Transformasi Digital di Indonesia


Lama tak jumpa diblog gue hehehe, awalnya punya prinsip kalo harus konsisten nulis minimal seminggu sekali, tapi sekarang malah setahun sekali , jauh banget ya jarak antara seminggu dan setahun, tapi gakpapa dari pada nggak diisi sama sekali nanti jadi mubazir domainnya, cuma sering diperpanjang tapi kontennya jarang diisi.

Postingan ini adalah postingan keikutsertaan gue dalam mengikuti lomba di Universitas Mercu Buana
Kok lu bisa ikut bang ?
Iya, sekarang gue ngelanjutin kuliah lagi dari d3 ke S1 di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana Jurusan Sistem Informasi. Masih banyak cerita sih sebenernya yang harus ditulis, kenapa bisa ngelanjut S1 dan lain-lain, tapi mungkin ditulisan selanjutnya gue akan jelasin. Untuk saat ini gue akan bercerita sesuai tema blog yang ditentukan yaitu “Tren Aplikasi Multiplatform Untuk Mendukung Transformasi Digital di Indonesia” 

Kalo gue melihat dari temanya mungkin dari tahun ke tahun tren aplikasi yang mendukung transformasi digital di Indonesia udah mulai banyak banget. Contohnya dari mulai transportasi online yaitu GO-JEK yang lahir pada tahun 2010,  pusat perbelanjaan di Indonesia yang mengusung model bisnis marketplace yaitu ada tokopedia, lahir pada tahun 2009 dan masih banyak lagi.

Di Era ini sebenernya kita udah dimanjakan sama yang namanya aplikasi multiplatform, benerkan ?
Bener bang !
Iyalah, kalo dulu kita susah nyari kendaraan kesana kesini, dan takut kira-kira harganya mahal gak, kalo jaraknya jauh ? sekarang dengan adanya smartphone dan aplikasi multiplatform kita gak perlu takut harganya mahal atau nggak ? karena sudah tertera diaplikasi tersebut, sama halnya kita berbelanja online dengan aplikasi multiplatform. 

Berbicara tentang aplikasi multiplatform, beberapa bulan yang lalu gue dan teman-teman pernah bikin aplikasi multiplatform yaitu aplikasi sivilla, pembuatan aplikasi tersebut sebenarnya untuk memenuhi nilai uas matakuliah PPSI (Proyek Pengembangan Sistem Informasi). Menurut gue aplikasi yang kita buat itu sangat berguna bagi masyarakat yang ingin berlibur.
Emang aplikasi sivilla itu apa sih bang ?
Okeh gue jelaskan, aplikasi sivilla itu adalah aplikasi multiplatform untuk penyewaan villa yang ada di daerah bogor. Jadi aplikasi ini memudahkan kalian untuk menyewa villa jika kalian ingin berlibur di daerah bogor, kalian nggak perlu cape-cape untuk survey kesana, terus pas udah sampai sana tanggal yang kalian ingin tempati udah dibooking sama orang lain. Jadi kecewa deh :(

Dengan adanya aplikasi sivilla kalian bisa ngeliat tuh yang namanya jadwal mana yang sudah dibooking dan jadwal mana yang belum, dan kalian bisa juga ngeliat detail villanya melalui aplikasi multiplatform tersebut. Metode pembayarannya juga cukup gampang, tinggal transfer dengan harga yang tertera diaplikasi. Mudahkan ?

Oiya gue ada dokumentasi video sivilla saat pameran karya mahasiswa di Universitas Mercu Buana berlangsung

Dipameran karya mahasiswa pada saat itu menurut gue banyak sekali aplikasi-aplikasi multiplatform yang akan menjadi pendukung transformasi digital di Indonesia untuk masa depan. Banyak ide-ide yang sangat berilian untuk memajukan Indonesia dalam bidang teknologi, siapa tau dalam ajang tersebut banyak investor yang datang dan mendanai hasil karya-karya mahasiswa.

Jadi intinya untuk membuat Indonesia semakin maju dalam bidang teknologi, yang pertama kita harus berkarya, membuat aplikasi multiplatform Untuk Mendukung Transformasi Digital di Indonesia, yang terpenting jangan hanya menjadi pengguna dan penikmat aplikasi-aplikasi dari negara lain. Beri dukungan terus untuk negara kita supaya negara kita lebih maju lagi.

Mungkin itu aja artikel yang gue tulis kali ini, semoga tulisan ini memberikan semangat untuk pembacanya, kurang lebihnya mohon maaf dan terimakasih.

Related Posts

Tren Aplikasi Multiplatform Untuk Mendukung Transformasi Digital di Indonesia
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

Silahkan berkomentar disini, dengan menggunakan kata-kata yang sopan. Tidak dibolehkan menyebar link dan komentar spam, Thanks.